Friday, November 04, 2016

Perjuangan

Saya meyakini, setiap orang memiliki perjuangan dan cerita masing-masing, bahkan untuk anak keturunan milyader sekalipun. Bagi saya, setiap perjuangan akan membuat kita lebih kuat menjalani kehidupan. Bahkan kita akan merasakan kebahagiaan yang lebih besar saat bisa melewati sebuah perjuangan, Tapi kebahagiaan itu sering terasa pada jalan atau proses, bukan saat meraih. Karena pada dasarnya, saat kita sudah menggenggam sesuatu, toh pada suatu saat kita harus melepaskan juga. Jadi, kita harus menikmati proses bukan?

Seorang Ibu berhasil membuat saya terenyuh setiap kali berpapasan. Biasanya saya melihat beliau saat mengantar atau menjemput Yoshi. Hati saya selalu langsung berdesir dan mata langsung berkaca, karena beliau selalu menaiki sepeda itu dan anaknya yang sudah agak besar itu (mungkin kelas 5 SD) selalu ada di belakang, membonceng sepeda beliau itu. Pemandangan itu membuat saya teringat akan bapak ibu saat masih berjuang untuk membesarkan saya dan adik - kakak saya. Wajah ibu itu tak pernah lesu, selalu penuh semangat untuk mengayuh sepedanya, walaupun saat harus melewati jalan menanjak yang cukup terjal. Sungguh membuat saya selalu terkagum. Semoga Ibu dan anaknya itu selalu dalam lindungan Allah, diberi kebahagiaan dunia dan akhirat, Aamiin.

Saya yakin, saat harus mengantar dan menjemput anaknya dengan sepeda, si Ibu tidak pernah merasa sedih atau rendah diri, walau banyak sepeda motor dan mobil yang lalu lalang. Tampak pada wajahnya yang selalu tersenyum. Saya yakin, beliau selalu menikmati setiap kayuhan sepedanya. Dan setiap kayuhannya tersimpan doa untuk anaknya, kelak anaknya akan menjadi anak yang sukses dan bisa berbahagia serta membahagiakan beliau.

Bagi saya, perjuangan yang harus saya lalui sekarang adalah, menjadi sahabat anak - anak yang mulai beranjak dewasa. Dengan ketegasan dan kelembutan, harus bisa menemani anak-anak. Mendengarkan setiap cerita dan curhatan mereka. Mendampingi dan menyemangati mereka saat mulai letih menjalani hari. Masalah mereka mulai rumit, pelajaran sekolah yang tidak mudah, pergaulan yang mulai kompleks. Semoga semangat kami terus ada dan tak pernah turun drastis karena perjuangan masa remaja mereka baru dimulai saat ini. Semoga Allah selalu memberi kami kekuatan. Aamiin.

No comments: