Tuesday, November 08, 2016

Hujan

Bagi orang dewasa, hujan mungkin kadang-kadang terasa membuat repot, karena merasa terganggu atas rencana kegiatan yang sudah disusun sebelumnya. Walau setiap orang sadar bahwa hujan adalah berkah untuk bumi. Tapi pada situasi tertentu, kadang kita kesal dengan hujan, karena membuat kita malas kemana-mana dan acara pun menjadi batal. Jalanan basah dimana-mana. Ketika memutuskan untuk tetap pergi juga harus memakai jas ujan atau membawa payung. Lumayan repot.

Tapi, bagi anak-anak, hujan itu sungguh mengasyikkan. Karena mereka bisa bermain air dengan bebas. Lihat saja, anak-anak akan tetap memilih pulang sekolah dalam kondisi hujan dan baju menjadi basah ketimbang menunggu hujan reda. Semakin basah badan, semakin asyik. Air adalah hal yang sangat menyenangkan dan membahagiakan bagi anak-anak. Kadang, anak saya merayu supaya mereka diperbolehkan bermain di hujan. Anak-anak tidak akan takut sakit atau masuk angin. Orang tua lah yang membuat kekhawatiran dalam dirinya sendiri. Orang tua takut anaknya masuk angin,pusing kepala, sakit dan besoknya tidak bisa masuk sekolah.

Padahal kalau kita ingat-ingat kembali, saat kecil kitapun senang sekali dengan namanya air dan air hujan. Dan orang tua kita pun saat itu, melakukan hal yang sama seperti yang kita lakukan sekarang ke anak kita, melarang main hujan. Mungkin hanya beberapa orang tua saja yang memperbolehkan anaknya bermain air hujan, karena memang mereka sadar bahwa, dunia anak-anak ya bermain dan bermain di saat hujan sungguh membuat hati senang. Jadi, sesekali boleh ya kita membiarkan anak kita bermain saat hujan. Biarkan mereka menikmati rahmat Allah yang dibutuhkan semua mahluk.


No comments: